Produk dan Layanan

Penggunaan Label Barcode Pada Rumah Sakit

Penggunaan label barcode pada rumah sakit bertujuan untuk membantu penerapan sistem informasi manajemen rumah sakit (SIMRS). Saat ini hampir semua rumah sakit telah menggunakan sistem barcode untuk mempermudah proses penginputan data Sebelum membahas lebih dalam seputar label barcode, baiknya kita membahas dulu seputar pengertian barcode dan manfaatnya. 

 

Pengertian dan Sejarah Barcode

Barcode atau kode batang adalah sebuah data optikal berbentuk garis atau batang (bar) vertikal dengan ketebalan yang berbeda-beda yang dapat dibaca oleh mesin pemindai atau scanner. Kode batang pada barcode memiliki fungsi untuk membedakan satu jenis produk dengan produk lain. Biasanya kode batang pada barcode menunjukkan seri angka yang unik. Barcode dapat menyimpan data yang spesifik untuk produk seperti expired date (masa kadaluarsa produk), kode khusus produksi atau nomer identitas untuk barang. 

Alat yang digunakan untuk memindai kode batang biasa disebut sebagai barcode scanner atau barcode reader. Prinsip kerja dari barcode scanner adalah dengan memindai barcode dan mengubahnya menjadi data elektronik sederhana untuk kemudian di input untuk diproses pada komputer. 

Sejarah barcode bermula pada tahun 1940-an ketika Norman Joseph Woodland dan temannya Bernard Silver yang merupakan mahasiswa dari Drexel Institute of Technology berusaha membuat sebuah kode yang dapat digunakan secara universal untuk memudahkan proses input data. Penemuan dari keduanya kemudian terus dikembangkan oleh insyinur bernama Frank Stietz dan Raymond Alexander hingga akhirnya pada tahun 1966 penemuan barcode dipakai untuk kepentingan komersial.

Sejak tahun 1980-an barcode semakin banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti pada swalayan dan produksi manufaktur. Saat ini barcode juga banyak digunakan untuk keperluan rumah sakit dan laboratorium. 

 

Label Semicoated RS

Label Semicoated RS

Berbagai macam jenis barcode

Pada umumnya barcode memiliki dua macam jenis yaitu barcode satu dimensi (linear) dan barcode dua dimensi (matrix). 

Barcode satu dimensi mampu menampung 5 sampai 20 digit kode. Barcode satu dimensi terdiri atas beberapa jenis yaitu: Code 39, Code 128, ITF, dan UPC. 

Sementara barcode dua dimensi mampu menampung ratusan karakter dan memiliki tingkat kesulitan (kompleksitas) yang lebih tinggi dibanding barcode satu dimensi. Contoh barcode dua dimensi adalah PDF 417 dan QR Code. 

 

Manfaat & Aplikasi Barcode 

Barcode memiliki banyak manfaat untuk mempermudah pekerjaan manusia saat ini, beberapa manfaat barcode secara umum diantaranya :

  • Memudahkan proses input data dengan menggunakan barcode scanner atau bahkan smartphone
  • Proses input menjadi lebih akurat, dengan barcode kesalahan input data dapat diminimalisir.
  • Proses kerja menjadi lebih cepat dan efisien, dengan barcode proses input data menjadi lebih mudah dan cepat dibanding dengan proses input manual.
  • Menghemat biaya produksi, dengan menggunakan sistem barcode, produksi menjadi lebih murah dengan tidak perlu menyediakan tenaga khusus untuk input data secara manual dan dapat meminimalisir kerugian dan kesalahan input data. 
  • Meningkatkan kinerja manajemen dan mempermudah proses tracking barang 

 

Fungsi Barcode untuk Berbagai Industri

Fungsi barcode secara khusus untuk berbagai macam industri antara lain :

1. Packaging atau kemasan 

Barcode digunakan untuk pengiriman barang atau produk. Biasanya digunakan barcode berjenis ITF. 

2. Retail 

Barcode digunakan untuk keperluan manajemen stock pada gudang atau warehouse dan retail, barcode juga digunakan untuk mempermudah proses input data pada kasir swalayan atau supermarket, biasanya digunakan jenis barcode UPC. 

3. Farmasi / Industri obat 

Barcode digunakan untuk database list jenis dan nama obat. Biasanya digunakan barcode jenis HIBC. 

4. Penerbitan buku

Untuk database jenis dan nama buku biasanya digunakan barcode dengan jenis ISSN

5. Non Retail

Untuk proses database stok non retail seperti pada perpustakaan, biasanya digunakan barcode dengan jenis Code 39.

6. Keperluan umum lain

Barcode juga dapat digunakan untuk keperluan umum lainnya contohnya pada laboratorium klinis untuk membedakan vial sampel dari satu pasien dan pasien lainnya.

 

Label Sticker Barcode

Label Barcode

Penggunaan Label Barcode pada rumah sakit

Pada pembahasan di atas kita telah mempelajari fungsi barcode pada berbagai macam industri. Khusus pada rumah sakit, barcode banyak digunakan untuk mendukung penerapan sistem manajemen pada rumah sakit (SIMRS). Dengan adanya sistem barcode, proses input database pasien menjadi lebih mudah, selain itu proses tracking tiap-tiap pasien serta riwayat rekam medis pasien akan lebih mudah dilakukan. Barcode juga meminimalisir terjadinya kesalahan input data pasien dan juga kesalahan pada unit farmasi. Pada unit instalasi farmasi, barcode juga bisa diaplikasikan pada label obat. 

 

Rekomendasi bahan label barcode untuk rumah sakit

Ada banyak bahan label sticker yang biasa digunakan seperti bahan vinyl, yupo, transparan, HVS, semicoated, chromo dan thermal. Namun, untuk penggunaan label barcode pada rumah sakit, perlu digunakan bahan yang tepat dan sesuai. Untuk penggunaan label sticker pada gelang pasien, bahan vinyl dan yupo sangat direkomendasikan karena memiliki daya tahan dan kekuatan yang lebih dibanding bahan lain. Bahan vinyl dan yupo tidak mudah robek dan tahan terhadap air. Namun untuk keperluan label barcode pada nota atau invoice pasien, dapat digunakan label dengan bahan HVS, Semicoated dan Thermal yang memiliki biaya lebih murah. Pada label obat, dapat digunakan label dengan bahan semicoated. 

Itulah penggunaan label barcode untuk keperluan rumah sakit, untuk anda yang membutuhkan label barcode untuk keperluan rumah sakit, klinik, puskesmas dan instalasi farmasi, anda dapat mempercayakan produksi label anda pada Galtys. 

PT Galtys Jayanti Mandiri merupakan pabrik label sticker & barcode terkemuka yang berlokasi di Jalan Bhayangkara 1 No. 35, Serpong Utara, Tangerang Selatan. 

Kami menyediakan berbagai jenis bahan label yang bisa anda gunakan seperti bahan vinyl, vinyl transparan, yupo, semicoated, chromo, HVS dan thermal dengan kualitas berstandar ekspor. Dengan menggunakan mesin flexo berteknologi tinggi, kami memberikan garansi hasil cetak label yang tajam dan awet.

 

Untuk pemesanan label silahkan hubungi tim admin Galtys via Whatsapp >>  0811-8881-260

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *