Wawasan Umum

Jenis Barcode dan Barcode Reader yang Umum Digunakan

10 Macam dan Jenis Barcode serta 7 Jenis Barcode Scanner

Jenis barcode dan barcode reader sangat dibutuhkan dalam jual beli produk dan berbagai aktivitas lainnya untuk membantu pekerjaan manusia khususnya dalam memasukkan data. Dengan adanya barcode, produk juga bisa lebih mudah dikenali, sehingga menguntungkan bagi penjual maupun dari pihak pembeli. Di pasaran sendiri telah ada produk barcode dan juga barcode reader yang dijumpai. Masing-masing memiliki kelebihan tersendiri untuk digunakan.

10 Macam dan Jenis Barcode

Jenis barcode dan barcode reader

Ada banyak jenis barcode yang kini bisa ditemukan di pasaran. Penggunaan barcode sendiri disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing penggunanya. Adapun berbagai jenis barcode yang bisa ditemukan, antara lain adalah sebagai berikut:

1. Code 39

Jenis code yang satu ini jumlahnya semakin sedikit di pasaran. Jenis barcode 39 biasanya digunakan untuk melakukan proses identifikasi, pengiriman pelacakan, hingga inventarisasi.

2. Code 128

Code 128 yang saat ini sudah banyak digunakan untuk menggantikan jenis code 39. Code yang satu ini dianggap lebih mudah untuk dibaca dengan pemindai dibandingkan dengan code 39.

Kode yang satu ini juga memiliki kerapatan yang tinggi serta memiliki fitur yang bisa bergeser dari subset satu ke subset yang lain dengan karakter CODE dan SHIFT.

3. Code UPC

Selanjutnya ada code UPC atau yang merupakan singkatan dari Uniform Product Code. Biasanya digunakan untuk penanda produk di toko reatail hingga melakukan checkout penjualan. Kode produk Universal ini biasanya digunakan dalam jangka pendek pada jenis barang eceran. Jadi tidak heran jika barcode ini cukup sering ditemukan.

4. Code Interleaved 2 of 5

Barcode yang satu ini merupakan code yang digunakan dalam industri pelayaran dan juga gudang. Kode yang satu ini merupakan simbologi yang terdiri dari angka-angka namun dengan panjang yang berubah-ubah. Kode ini seringkali digunakan pada jenis produk yang memiliki kemasan tidak merata.

5. Code Bookland

Jenis code yang satu ini biasanya digunakan di sampul buku dan berdasarkan dari nomor ISBN buku.

6. Code Postnet

Untuk jenis code yang satu ini memungkinkan penggunaa digit ekstra serta bisa digunakan untuk mengindentifikasi asal negara. Simbologi barcode yang satu ini biasanya digunakan oleh layanan pos Amerika dalam membantu mengirimkan surat.

7. Code JAN

Selanjutnya adalah JAN yang merupakan dingkatan dari Japanese Article Number. Code yang satu ini digunakan di Jepang dan sejenis dengan EAN.

8. Code MICR

Ada juga kode Magnetic Ink Character Recognition yang merupakan font khusus dan biasa digunakan untuk penomoran di bagian bawah cek suatu bank.

9. Code PCF417

Jenis code yang selanjutnya adalah jenis barcode 2-D yang bisa encode sampai dengan 1108 byte informasi. Barcode yang satu ini juga bisa terkompresi seperti layaknya PDF alias portable file data.

10. Code Codabar

Code ini biasa digunakan oleh Federal Express, bank darah, dan juga di perpustakaan. Codabar merupakan simbologi barcode linier yang dikembangkan oleh Pitney Bowes Corp di tahun 1972.

Selain jenis barcode di atas, masih ada jenis barcode lainnya yang digunakan sesuai dengan kebutuhan si pemakai. Penggunaan barcode sendiri memudahkan para pemilik produk dalam mengidentifikasi produk mereka sehingga mempermudah operasional sehari-hari. Penggunaan barcode juga banyak digunakan untuk menghindari kesalahan saat memasukkan data secara manual.

Dengan kesalahan yang bisa diminimalisir, hal ini juga akan memberi keuntungan bagi para pemilik toko atau usaha lainnya. Karyawan juga akan dimudahkan dalam melakukan pekerjaan hariannya.

7 Macam dan Jenis Barcode Reader

Jenis barcode dan barcode reader

Mengingat hampir semua produk yang diperjual belikan sekarang menggunakan barcode, maka tidak heran jika pembaca barcode juga banyak diminati dan juga dibutuhkan. Penggunaan barcode reader sendiri berguna untuk membaca data barcode untuk kemudian dimasukkan ke dalam komputer.

Jenis pembaca barcode yang bisa ditemukan sampai saat ini juga sangat beragam dan dengan harga yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Berikut ini adalah jenis pembaca barcode atau barcode reader yang umum digunakan di pasaran. Tentukan sendiri jenis pembaca barcode yang Anda butuhkan.

1. Laser barcode scanner

Pembaca barcode yang satu ini bisa dibilang paling populer jika dibandingkan dengan jenis pembaca barcode yang lain. Untuk bisa melakukan pemindaian dengan baik, alat ini membutuhkan jarak mulai dari 6 sampai dengan 24 inch. Meski demikian, ada juga yang membutuhkan jarak antara 2 sampai dengan 8 cm.

2. Hands free scanner

Jenis pemindai barcode yang satu ini memiliki beberapa kelebihan, seperti tahan lama digunakan dan handal. Alat serba guna yang satu ini sangat membantu dalam pemindaian, sehingga menguntungkan bagi para karyawan yang bekerja.

Hands free scanner cukup sering digunakan di swalayan dengan penggunaan yang cukup mudah. Pemindaian yang cepat juga menjadi salah satu alasan penggunaannya.

3. Barcode terminal portable

Ada juga tipe pembaca barcode yang memungkinkan digunakan secara mobile lantaran bisa menyimpan data ke dalam memoridan di upload kemudian. Pembaca barcode yang satu ini juga dilengkapi dengan keypad serta LCD yang memudahkan para pengguna dalam melakukan proses pembacaan barcode.

4. Barcode decoder

Jenis barcode dan barcode reader yang satu ini bisa menerjemahkan informasi saat Anda menggunakan barcode scnaner dengan jenis undecode scanner atau tidak bisa menerjemahkan barcode.

5. Hand held wend

Jenis pembaca barcode yang satu ini dianggap paling ekonumis dan juga sederhana jika dibandingkan dengan jenis pembaca barcode yang lain. Meski demikian, barcode ini memiliki kekurangan dimana alat pemindai harus ditempelkan secara berulang.

Penggunaan hand held wend sendiri dilakukan dengan menyentuhkan pen scanner secara berulang kali yang justru bisa memicu kerusakan pada barcode.

6. Wireless

Wireless yang satu ini cocok untuk kegiatan industri dengan skala yang besar. Barcode yang satu ini merupakan barcode dengan tipe wireless yang banyak dijadikan sebagai pilihan dengan sistem kerjanya yang baik. Kelebihan dari penggunaan pembaca barcode ini adalah memiliki efektivitas  dan efisiensi yang baik.

7. Wearable barcode scanner

Produk pembaca barcode ini bisa digunakan dengan cara mengaktifkan scanner dengan mengarahkannya ke barcode lalu tekan pelatuk atau trigger scnanner dengan jari. Bisa juga digunakan dengan cara menempatkan scanner tepat di hadapan barcode dan alat akan segera melakukan pemindaian secara otomatis. Cukup mudah, bukan?

Bagi Anda yang tertarik ingin menggunakan alat pembaca barcode, ada baiknya untuk mengenali jenis barcode dan barcode reader terlebih dahulu .

Selanjutnya, Anda bisa sesuaikan antara jenis barcode yang akan dipindai agar proses pengecekan barang bisa lebih mudah dan praktis untuk dilakukan pemindaian.

PT Galtys Jayanti Mandiri merupakan salah satu jasa percetakan label sticker yang terpercaya dan berpengalaman di bidangnya. Kami menyediakan berbagai jenis pembuatan label dengan bahan yang berbeda-beda, bisa ditentukan sendiri oleh pelanggan. Kami juga menawarkan harga yang ekonomis sehingga hemat di kantong.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *