Produk dan Layanan

Sticker untuk Label Barcode Serta Apa Saja Jenis dan Kelebihannya

Sticker untuk Label Barcode Serta Apa Saja Jenis dan Kelebihannya

Sticker label barcode merupakan salah satu pelengkap pada produk yang dijual sebagai penunjang bisnis. Dengan adanya label ini, maka proses pencatatan barang juga bisa dilakukan secara lebih mudah dan tentunya cepat. Biasanya, sticker label barcode ini dibuat dalam bentuk roll sticker dengan jumlah sesuai kebutuhan yang bisa Anda pesan di tempat kami.

Menentukan Sticker Label Barcode Terbaik untuk Anda

sticker barcode terbaik

Sticker ini adalah perangkat yang ditempelkan dalam sebuah produk. Anda juga bisa menyebutnya sebagai media yang digunakan untuk mencetak barcode dengan menggunakan printer barcode.

Anda bisa memesan yang berupa roll ditempat kami. Jumlah label dalam satu rol ini berbeda-beda terngantung pada ukuran label itu sendiri. Jika semakin kecil ukurannya, maka akan semakin banyak jumlah labelnya.

Selain harus menentukan ukuran, maka tentukan juga jenis bahan pembuatan label sticker untuk barcode. Pilihan material yang bisa dipesan adalah sebagai berikut :

1. Label Barcode Jenis Vallum TTL

Bagian yang paling atas dari jenis barcode ini tidak disertai dengan lapisan. Hal ini juga yang membuat label tersebut nampak lebih putih dan juga bersih jika dibandingkan dengan barcode yang terbuat dari bahan semi coat.

Tipe vallum ini juga bisa merekat secara lebih kuat karena unsur ribbon yang ada menempel di label akan diserap secara lebih sempurna. Namun, jika terkena cipratan air, maka label ini akan cepat rusak lantaran lapisan kertas stickernya yang tidak terlindungi lapisan serta air yang langsung terserap oleh keberadaan kertas sticker.

Adapun beberapa ciri dari label menggunakan vallum TTL antara lain adalah sebagai berikut:

  • Cocok untuk dicetak dengan menggunakan ribbon wax
  • Memiliki hasil cetak yang lebih kuat jika dibandingkan dengan label semicoated
  • Seperti yang telah disebutkan di atas, label ini akan lebih cepat rusak saat terkena cipratan air
  • Saat digosok terlalu keras, label juga akan mudah mengalami kerusakan

Kelebihan dari sticker vallum TTL adalah harganya cukup ekonomis sehingga hemat di kantong.

2. Sticker Label Barcode Semi Coat

Jenis bahan yang biasa digunakan dalam pembuatan label barcode yang selanjutnya adalah semi coat. Pada jenis label yang satu ini memiliki permukaan yang nampak lebih mengkilat. Adapun karakteristiknya  adalah adanya lapisan atau coat di bagian sticker yang paling atas.

Manfaat dari lapisan tersebut adalah untuk menutup pori-pori dari kertas supaya saat mencetak barcode dengan printer, unsur karbon ribbon bisa tercetak secara lebih sempurna. Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh jenis label berbahan semi coat adalah harganya yang cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan jenis label yang lain.

3. Sticker Label Yufo

Label barcode yang selanjutnya terbuat dari bahan yufo. Jenis label yang satu ini memiliki beberapa karakteristik yang juga merupakan kelebihan dari bahan yufo. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Memiliki karakter anti sobek
  • Bahan lebih tahan panas
  • Bahan tahan air
  • Hasil cetak dari label ini tidak hilang meski digosok dengan keras

Dengan berbagai karakteristik yang ditawarkan di atas, tidak heran jika penggunaan label yufo cocok untuk digunakan di luar ruangan atau di udara yang terbuka. Jenis label yang satu ini hampir menyerupai dengan stiker hologram namun tidak mengkilat.

Adapun hasil cetak dari label ini juga lebih kuat jika dibandingkan dengan 2 jenis label barcode di atas. Dengan banyaknya kelebihan yang ditawarkan, maka tidak heran jika jenis label barcode yang satu ini memiliki harga yang cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis label yang lain.

5 Alasan Anda Harus Menggunakan Sticker Berupa Label Barcode

alasan memilih sticker label barcode

Dalam bisnis, penggunaan label barcode memang tak lagi bisa dipisahkan. Hal ini tidak lepas dari banyaknya kelebihan yang ditawarkan oleh barcode. Adapun beberapa kelebihan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Mempermudah proses input data => Input data menjadi hal yang sangat penting dalam bisnis. Dengan pemakaian label barcode maka proses tersebut akan lebih cepat. Dalam hal ini, alat pembaca barcode bisa digunakan dalam membaca data barcode yang ada dan menyesuaikannya dengan data dari produk terkait.
  2. Input data lebih akurat => Input data secara manual memiliki resiko kesalahan yang lebih besar. Dengan demikian, penggunaan label barcode bisa mengurangi kesalahan input data. Hal ini tidak lepas dari ketepatan pembaca data dengan ketelitian tinggi dalam pencarian data.
  3. Meningkatkan kinerja manajemen => Produktivitas dan ketelitian akan lebih meningkat dengan barcode yang terpasang pada produk. Dengan proses pencatatan data yang cepat dan akurat, maka kerja manajemen juga akan lebih ringan sehingga bisa memfokuskan diri pada pekerjaan lain.
  4. Mengurangi biaya yang tidak diperlukan => Keberadaan label barcode juga bisa mengurangi biaya yang sebenarnya tidak dibutuhkan lantaran terjadinya kesalahan pencatatan data.
  5. Bersaing dengan perusahaan lain => Label barcode juga berguna untuk membuat bisnis Anda mampu bersaing dengan perusahaan yang lain. Dengan adanya barcode dan proses pencatatan barang yang lebih cepat, maka pelanggan juga akan nyaman membeli produk Anda.

Dengan banyaknya kelebihan yang ditawarkan, maka tidak heran jika penggunaan barcode sebaiknya diperhitungkan. Barcode sendiri tidak hanya mempermudah kinerja para pegawai yang bekerja dalam melakukan input data, namun juga berguna bagi mereka yang berada di kasir, hingga pemilik bisnis.

7 Perangkat Pembaca Label Barcode pada Produk

alat pembaca sticker label barcode

Ada beberapa jenis pembaca barcode yang sekarang ini beredar di pasaran. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Laser Barcode Scanner => Adalah tipe pembaca barcode yang cukup banyak digunakan. Biasanya, membutuhkan jarak antara 6 sampai dengan 24 inc dalam melakukan pemindaian. Meski demikian, ada juga yang memiliki jarak 2 sampai dengan 8 cm.
  2. Hands Free Scanner => Selanjutnya adalah hands free scanner yang bisa digunakan dalam menunjang tingkat produktivitas para pegawai. Jenis pembaca barcode ini bisa melakukan scan secara lebih mudah.
  3. Barcode Terminal Potable => Disebut juga dengan PDT yang dilengkapi dengan layar LCD serta keypad. Dengan demikian, proses scanning bisa dilakukan secara lebih mudah.
  4. Barcode decode => Jenis pembaca label barcode yang selanjutnya adalah pembaca yang bisa digunakan dalam menerjemahkan informasi ke dalam bentuk format data yang bisa dikenali oleh komputer.
  5. Wireless => Sistem kerja dari alat ini bis adigunakan tanpa menggunakan adanya kabel dan memiliki efisiensi yang baik. wireless sendiri cocok untuk digunakan dalam kegiatan industri dengan skala yang besar.
  6. Wearable Barcode Scanner => Selanjutnya adalah wearable barcode scanner. Scanner ini bisa diaktifkan dengan mengarahkan alat ke barcode lalu melakukan scanning dengan jari tangan menekan pelatik. Bisa juga dengan menempatkan barcode di hadapan scanner.
  7. Hand Held Wend => Ada juga pembaca label barcode yang bisa disentuhkan atau ditempelkan dengan barcode yang akan di dibaca atau discan.

Tiap alat pembaca sendiri memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan dari bisnis yang sedang dikembangkan. Label barcode sendiri dibuat dalam berbagai ukuran dan disesuaikan dengan fungsi dari penempelan barcode itu sendiri.

Perusahaan jasa percetakan label sticker PT Galtys Jayanti Mandiri menyediakan sticker label barcode dengan berbagai bahan atau material yang berkualitas dan awet digunakan. Kami menyediakan produk dengan kualitas yang baik dan tentunya dengan harga yang terjangkau. Selain barcode tersedia juga jenis label lain yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *