Produk dan Layanan

Pemesanan Barcode dalam Bentuk Stiker untuk Penunjang Bisnis dan Industri

Pemesanan Barcode dalam Bentuk Stiker untuk Penunjang Bisnis dan Industri

Sticker label barcode untuk industri dan bisnis sangat diperlukan agar manajemen pencatatan barang lebih mudah dan praktis. Label barcode sendiri merupakan label yang berbentuk garis-garis berwarna hitam. Barcode, terdiri dari beberapa garis yang tipis dan ada pula yang agak tebal.

Penggunaan Sticker Label Barcode Untuk Industri dan Bisnis Secara Umum

penggunaan barcode pada industri dan bisnis

Sticker untuk label barcode bisa dipesan dalam jumlah banyak. Produk ini bisa digunakan untuk berbagai bisnis dan industri mulai dari UKM hingga perusahaan-perusahaan besar. Produk berupa pakaian, sandang, kosmetik, obat-obatan, dan juga pangan pun bisa menggunakannya.

Bukan hanya itu, produk berupa jasa dan layanan masyarakat pun membutuhkan label jenis ini. Secara umum, bidang inilah yang membutuhkan adanya label barcode yang bisa Anda pesan di tempat kami :

1. Sticker Label Barcode untuk Jasa Distribusi

Salah satu industri yang membutuhkan barcode adalah bidang jasa distribusi. Bidang ini membutuhkan barcode yang salah satunya fungsinya adalah untuk melakukan pemeriksaan pada barang yang masuk dan yang keluar.

Tanpa adanya barcode, maka proses pendataan produk yang masuk atau keluar akan memakan waktu yang cukup lama. Apalagi, proses ini harus dilakukan secara teliti supaya tidak terjadi selisih angka pada stok barang.

Adapun barcode yang digunakan adalah jenis barcode wireless yang tidak menggunakan kabel dalam penggunaannya. Kelebihan dari barcode yang satu ini adalah mudah untuk dibawa kemana saja saat hendak melakukan scanning atau pendataan produk.

2. Label Barcode di Bidang Pergudangan

Usaha pergudangan memang sebaiknya menggunakan teknologi barcode agar pekerjaan pencatatan bisa dilakukan dengan cepat. Tidak hanya itu, namun data yang dimasukkan juga bisa menjadi lebih akurat. Karena jika dilakukan secara manual, maka akan banyak waktu yang terbuang. Belum lagi jika ada salah catat.

3. Label Barcode di Penjualan Retail

Sticker label barcode bisa digunakan dalam bidang retail. Penjualan retail sendiri banyak dikenal dalam bentuk swalayan. Dalam hal ini, penjualan retail juga membutuhkan barcode untuk membantu kegiatan transaksi dalam penjualan.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan barcode dalam penjualan retail seperti halnya pencatatan barang yang bisa dilakukan secara lebih akurat hingga pelanggan yang tak perlu menunggu lama saat harus membayar di kasir. Hal ini bisa terjadi lantaran pegawainya yang tak perlu mencatat dan melakukan transaksi secara manual.

4. Barcode di Bidang Ekspedisi

Jasa ekspedisi di Indonesia telah banyak dimanfaatkan sebagai salah satu jasa untuk pengiriman ke seluruh Indonesia. Untuk membuat kinerja semakin baik dan lancar tanpa hambatan, dibutuhkan barcode untuk mencatat tiap resi pengiriman.

Dengan demikian, pemeriksaan barang yang dikirim bisa ditelusuri sampai dimana secara mudah dan cepat. Resi pengiriman sendiri biasanya ditempel di paket yang dikirimkan. Dengan adanya barcode, maka ketepatan akurasi pengiriman juga akan lebih meningkat.

5. Barcode di Bidang Manufaktur

Manufaktur sendiri adalah bidang usaha yang mengoperasikan berbagai jenis bahan mentah dan tentunya memiliki nilai ekonomi di dalamnya. Penggunaan barcode scanner di bidang manufactur adalah untuk membantu proses memasukkan data secara cepat dan juga tepat. Dengan adanya barcode, kelebihan dan kekurangan stok barang juga akan terlihat.

Penggunaan Label Barcode di Bidang Layanan dan Bisnis Kesehatan

barcode untuk bisnis rumahsakit

Selain di bidang industri, penggunaan barcode juga telah banyak diterapkan di rumah sakit hingga di apotek. Hal ini tidak lepas dari ragam fungsi menarik yang bisa didapatkan dengan penggunaan barcode.

Adapun beberapa manfaat yang bisa di dapatkan dari label barcode untuk layanan kesehatan, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Digunakan pada produk obat => Obat yang dilengkapi barcode tersebut selanjutnya akan dipasok ke bagian perawat. Perawat akan melakukan scan terhadap obat untuk kemudian diberikan kepada pasien yang sesuai.
  • Pendaftaran pasien => Manfaat yang selanjutnya adalah untuk pendaftaran pasien. Barcode yang diberikan kepada pasien adalah dalam bentuk gelang yang kemudian digunakan sebagai identifikasi dari pasien terkait. Barcode tersebut akan diisi dengan ragam informasi yang berkaitan dengan kondisi dari sang pasien.
  • Rekam medis => Berguna sebagai rekam medis. Manfaatnya adalah untuk melakukan pengecekan dan juga menghindari adanya data ganda untuk pada pasien yang datang di layanan kesehatan tertentu. Rekam medis juga digunakan untuk menunjukkan pasien mana yang tengah dalam pemeriksaan atau sudah dilakukan pemeriksaan.
  • Digunakan di apotek => Sebelum diberikan kepada pasien, obat diambil dari persedian obat. Dalam hal ini, pasien harus diberikan jenis dan juga dosis obat yang tepat. untuk memudahkan pekerjaannya, apotek bisa menggunakan barcode untuk memastikan jika obat tersebut adalah jenis obat yang tepat untuk diberikan kepada pasien.

Penggunaan label barcode sendiri memang sangat dibutuhkan dalam bidang industri, UMKM, hingga di layanan kesehatan. Dengan adanya barcode tugas pegawai di retail, pergudangan, hingga perawat di rumah sakit juga akan menjadi lebih ringan.

Manfaat Barcode pada Pelabelan Produk

manfaat barcode untuk pelabelan produk dan industri

Label barcode sendiri memiliki banyak sekali manfaat yang bisa digunakan sebagai pelengkap berbagai produk yang Anda miliki, baik dalam bidang barang maupun jasa, seperti yang berikut ini:

  • Teknologi barcode yang canggih => Seperti yang kita tahu, barcode terbuat dari teknologi yang canggih. Dengan demikian, hasil pencarian data juga bisa dilakukan secara lebih tepat. Selain itu, penelusuran informasi dari produk terkait juga memiliki tingkat akurasi yang juga tinggi.
  • Input data menjadi lebih cepat => Kelebihan yang selanjutnya adalah proses input data yang menjadi lebih cepat. Dengan proses input menggunakan pembaca barcode, Anda juga akan lebih hemat waktu. Berbeda jika Anda melakukan proses input data secara manual.
  • Kinerja manajemen juga lebih meningkat => Kelebihan yang selanjutnya adalah kerja manajemen yang akan lebih meningkat. Dengan proses input data yang cepat dan tingkat akurasi yang tinggi, manajemen juga akan melakukan pekerjaannya secara lebih baik. Hal ini juga akan menguntungkan bagi para pemilik usaha.
  • Mengurangi biaya akibat kesalahan SDM => Manfaat menggunakan sticker label barcode untuk industri yang selanjutnya adalah mengurangi kerugian yang bisa terjadi akibat kesalahan manusia atau human error. Jika kesalahan pencatatan dilakukan berulang, hal ini akan merugikan bisnis atau perusahaan.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan sticker label yang berbentuk barcode. Tidak hanya menghemat waktu pencatatan data, namun juga bisa digunakan dalam menghemat tenaga karena proses yang tidak dilakukan secara manual, melainkan otomatis.

Bagi Anda yang membutuhkan sticker label barcode untuk industri dan bisnis, bisa segera menghubungi PT Galtys Jayanti Mandiri. Ada banyak sticker yang bisa digunakan dalam pelabelan suatu produk entah dalam bentuk barcode, label ukuran, atau bahkan hangtag. Pilih sendiri produk mana yang Anda butuhkan dan dapatkan tawaran menarik dari kami.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *