Produk dan Layanan

Label Bahan Satin : Pengertian, Karakteristik dan Fungsinya

Perbedaan label satin dan label nylon tafeta terdapat pada karakteristik bahannya. Pada artikel kali ini kita akan membahas dengan lebih detail seputar label satin. Label satin dan nylon tafeta merupakan dua jenis bahan label yang paling banyak dipakai untuk label pakaian atau label baju. Masing-masing bahan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga anda perlu menyesuaikan jenis bahan label dengan kebutuhan yang anda perlukan pada produk anda. 

 

Pengertian Label

Label adalah sebuah atribut pada barang atau produk yang berfungsi sebagai penanda dan pemberi informasi pada produk. Dewasa ini, label memiliki peran tambahan sebagai media branding dan iklan bagi sebuah produk. Dengan label yang baik dan menarik, brand dapat mendorong konsumen untuk melakukan pembelian. Terdapat berbagai macam bahan yang bisa digunakan untuk membuat label, untuk produk makanan dan minuman atau produk dengan kemasan lainnya biasanya digunakan label sticker dengan bahan vinyl, semicoated, chromo, HVS dan yupo. Khusus untuk produk pakaian, biasanya digunakan label dengan bahan kain seperti label satin, nylon tafeta dan woven. 

 

Manfaat dan Kegunaan Label 

Pada awalnya label hanya berfungsi sebagai penanda dan media informasi saja, namun saat ini label telah berkembang menjadi media branding dan iklan bagi sebuah produk. Konsumen tentunya lebih menyukai produk yang memiliki label yang menarik dan bagus dibanding dengan produk yang dijual tanpa adanya label atau dijual dengan label yang asal-asalan. Bahkan untuk beberapa kasus, label bisa menunjukkan grade atau tingkat kualitas dari sebuah produk. Semakin berkembangnya zaman, produsen mulai terus melakukan inovasi baik dari sisi desain label hingga bahan dan bentuk label yang digunakan. Pada produk makanan, minuman atau produk konsumsi lainnya, label digunakan untuk menyampaikan informasi terkait produk seperti nama produk, kegunaan produk, cara pakai, cara simpan, expired date dan informasi tambahan lainnya. Pada produk pakaian seperti kaos, baju, jilbab, jaket dan lainnya, label biasanya mencantumkan informasi nama brand, komposisi bahan, ukuran, dan informasi tambahan lainnya. 

 

Apa saja yang harus dicantumkan pada label pakaian

Jika pada produk konsumsi informasi yang dicantumkan pada label seperti cara penggunaan, cara penyimpanan, hingga kegunaan produk, pada produk pakaian seperti jaket, kaos, jilbab, gamis, baju dan produk fashion lainnya, informasi yang dicantumkan pada label cenderung lebih sederhana. Biasanya produsen cukup mencantumkan informasi nama brand, nama jenis brand, size atau ukuran produk, cara merawat produk dalam bentuk simbolis dan komposisi produk. Untuk menguatkan tujuan branding produk, beberapa produsen juga mencantumkan motto atau tagline dari brand mereka pada label. 

 

Apa itu label satin dan karakteristiknya

Salah satu bahan label pakaian yang banyak digunakan saat ini adalah bahan satin. Bahan ini terbuat dari serat kain satin yang kuat dengan permukaan yang halus. Bahan satin memiliki tampilan yang glossy atau mengkilap. Hal ini membuat banyak produsen yang menggunakan bahan satin sebagai label untuk menekankan kesan premium pada produknya. Warna bahan satin yang banyak digunakan adalah warna putih keabuan (silver). Selain banyak digunakan untuk kebutuhan label pakaian seperti kaos, baju, kemeja, jaket, jilbab, gamis, label dengan bahan satin banyak ditemukan pada produk sepatu, jok mobil, kursi mobil, karpet, bantal, guling, handuk, dll. 

Bahan satin memiliki karakteristik bahan yang kuat, tidak mudah untuk diputus dengan tangan, mudah untuk dicetak, serat yang halus serta tampilan bahan yang mengkilap. Namun satu kelemahan dari bahan satin adalah bahan ini tidak mudah untuk digunting dengan menggunakan gunting biasa. Biasanya perlu menggunakan gunting laser atau mesin cutting laser untuk memotong label satin agar rapi. Jika anda memotong label satin dengan gunting biasa, maka hasilnya sulit terlihat rapi karena ada serat-serat kain yang keluar. Label dengan bahan satin sangat cocok untuk digunakan untuk anda yang ingin menonjolkan kesan premium pada produk anda. 

 

Contoh Label 

 

Contoh Label Bahan Satin (1)

Contoh Label Bahan Satin (1)

 

 

Contoh Label Bahan Satin (2)

Contoh Label Bahan Satin (2)

 

Contoh Label Bahan Satin (3)

Contoh Label Bahan Satin (3)

 

Untuk anda yang membutuhkan label untuk kebutuhan produk anda, anda dapat mempercayakan produksi label anda pada Galtys. 

PT Galtys Jayanti Mandiri merupakan pabrik label sticker & barcode terkemuka yang berlokasi di Jalan Bhayangkara 1 No. 35, Serpong Utara, Tangerang Selatan. 

Kami menyediakan berbagai jenis bahan label yang bisa anda gunakan seperti bahan satin, nylon tafeta dan bahan label sticker seperti vinyl, vinyl transparan, yupo, semicoated, chromo, HVS dan thermal dengan kualitas berstandar ekspor. Dengan menggunakan mesin flexo berteknologi tinggi, kami memberikan garansi hasil cetak label yang tajam dan awet.

 

Untuk pemesanan label silahkan hubungi tim admin Galtys via Whatsapp >> 0811-8881-260

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *