Wawasan Umum

3+ Situs untuk Mencari Inspirasi Desain Label Produk

Ada beberapa situs yang bisa dimanfaatkan untuk mencari inspirasi desain label produk secara gratis. Desain label telah menjadi salah satu bagian penting pada label dan kemasan suatu produk. Desain bisa digunakan sebagai alat untuk menarik perhatian calon pelanggan atau konsumen produk kita. Desain label yang menarik, unik dan mudah diingat tentunya akan dapat membantu branding dan marketing produk anda.

 

Yang perlu anda perhatikan untuk membuat desain label yang menarik 

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam membuat desain untuk label atau kemasan produk anda, diantaranya: 

1. Pastikan desain anda sesuai dengan target audience atau market yang ingin anda sasar/tuju.

Hal ini sangat penting mengingat komponen desain harus relevan dengan target market yang ingin dicapai. Sebagai contoh, jika anda membuat produk dengan target audience wanita remaja atau ABG dengan rentang usia 14-19 tahun, anda bisa menggunakan kombinasi warna-warna pastel yang cerah untuk menimbulkan kesan ceria dan menyenangkan pada desain label anda. Contoh lain jika anda mentargetkan audience wanita dewasa untuk rentang usia 27-45 tahun, mungkin anda bisa menggunakan kombinasi warna netral dan elegan seperti hitam & putih dengan kombinasi gold dan silver untuk memberikan kesan premium dan mewah. 

2. Pilih font yang tepat dan unik. 

Font yang anda gunakan pada label haruslah unik dan sesuai dengan branding anda khususnya dengan logo yang anda miliki. Gunakan font yang menarik dan unik namun tetap mudah untuk dibaca. Anda juga bisa sesuaikan font dengan karakter dari desain label anda. Satu hal penting yang perlu anda perhatikan, apabila anda mengunduh font dari situs font gratis, pastikan font tersebut tersedia gratis untuk digunakan pada produk komersil. Kami sarankan agar anda lebih teliti dalam membaca keterangan license dari font yang anda unduh. Beberapa kasus yang kerap kami dapati adalah brand menggunakan font yang diunduh secara gratis dan digunakan untuk keperluan komersil, namun pembuat font mencantumkan license khusus untuk penggunaan komersil dengan wajib melakukan pembelian atau pembayaran dengan nilai yang cukup besar. 

3. Warna adalah identitas. 

Pilih warna dominan pada desain anda yang sesuai dengan branding dan karakter dari produk anda. Ada baiknya anda menetapkan accent color tertentu sebagai guideline dalam membuat desain label untuk produk anda. 

4. Tambahkan atribut dekoratif pada desain 

Anda bisa menambahkan atribut dekoratif pada desain label produk anda. Tentunya ini perlu disesuaikan dengan jenis produk anda sendiri. Contohnya jika anda memproduksi produk hand sanitizer yang menggunakan extract lemon, anda bisa menambahkan foto lemon segar atau desain lemon lainnya yang sesuai dengan konsep desain anda. Contoh lain jika anda memproduksi produk kecantikan, anda bisa menambahkan ornamen bunga pada desain. 

5. Lakukan riset terhadap kompetitor

Tidak ada salahnya untuk mengintip desain label dari kompetitor-kompetitor anda. Dengan melakukan riset, anda dapat memiliki data yang memadai sebagai acuan dalam menetapkan desain label produk anda. 

 

Situs untuk mencari inspirasi desain label

Setelah membaca beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam membuat desain label, berikut ini beberapa website yang bisa anda gunakan untuk mencari inspirasi dalam membuat desain label produk yang menarik. 

1. Pinterest 

Inspirasi Desain Label - Pinterest

Pinterest

 

Pinterest adalah sosial media yang banyak digunakan untuk mengoleksi gambar, foto dan grafis lainnya. Anda dapat mencari berbagai macam gambar atau foto dengan katakunci yang anda inginkan termasuk desain-desain label produk. Pinterest bisa anda akses melalui desktop dan mobile melalui ponsel anda.

 

2. Freepik 

Inspirasi desain label - Freepik

Situs Freepik

Freepik merupakan website marketplace konten-konten digital berupa gambar atau produk visual lainnya. Tercatat lebih dari 10 juta produk grafis yang tersedia di Freepik, dimana banyak terdapat konten-konten yang bisa anda unduh secara gratis.

Beberapa konten visual yang bisa anda unduh seperti foto, file photoshop (.psd), ilustrasi dan vektor. Anda bisa mengetikkan kata kunci yang anda inginkan seperti desain label produk.

Konten produk Perusahaan Freepik dibuat oleh desainer perusahaan dan lebih dari 10.000 kolaboratornya.

 

3. Envato Elements

Inspirasi Desain Label - Envato Elements

Envato Elements

 

Envato elements merupakan marketplace produk visual seperti halnya freepik. Disana anda bisa menemukan jutaan stok konten visual seperti foto, ilustrasi, gambar, musik, hingga video.

Anda bisa mencari berbagai macam desain label di envato, namun untuk mengunduhnya anda perlu berlangganan envato element. Jika anda beruntung, anda bisa mendapatkan konten gratis (freebies) yang disediakan envato element tiap bulannya.

 

4. Behance

Inspirasi Desain Label - Behance

 

Berbeda dengan freepik dan envato elements, behance merupakan website sosial media yang dimiliki oleh Adobe yang memiliki fokus tujuan untuk menampilkan portofolio bagi para desainer grafis. Didirikan sejak tahun 2005, Behance telah memiliki 24 juta member.

Anda dapat mencari kata kunci desain yang anda inginkan seperti desain label produk. Setelah itu anda akan dapat melihat karya desain label dari banyak desainer grafis. Karya-karya yang ditampilkan pada behance bisa menjadi inpsirasi desain untuk label produk anda. Anda juga dapat menghubungi desainer di Behance untuk anda ajak berkolaborasi atau bekerjasama dalam pembuatan desain.

 

Gunakan bahan label yang sesuai dan berkualitas

Desain label sudah unik dan menarik, namun tidak ada artinya jika bahan label yang anda gunakan tidak mendukung dan tidak berkualitas. Bahan yang tidak bagus tentunya memiliki pengaruh buruk untuk branding produk anda. Hasil cetak yang tidak tajam atau blur, cacat produksi, cetakan yang mudah luntur, bahan yang mudah rusak adalah beberapa contoh akibat pemilihan bahan baku yang tidak berkualitas. 

Pastikan bahan label produk yang anda gunakan sudah sesuai dengan kebutuhan produk anda. Jika anda memproduksi produk makanan atau minuman dan ingin label anda tahan terhadap air dan tempat lembab seperti lemari es atau pendingin, anda bisa menggunakan bahan yupo, vinyl dan transparan. Namun jika anda memproduksi produk yang tidak beresiko rusak terkena air, dan ingin menghemat budget, anda bisa menggunakan bahan yang terbuat dari bahan dasar kertas seperti semicoated, chromo, dan HVS. 

 

Rekomendasi tempat membuat label produk 

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam memilih vendor produksi label diantaranya, 

  • Pastikan memiliki lokasi pabrik yang jelas 
  • Pastikan telah berdiri sebagai perusahaan atau PT secara legal (legalitas terbukti)
  • Pastikan jika vendor tersebut memiliki mesin produksi (bukan makelar) 
  • Pastikan jika vendor tersebut menggunakan material bahan berkualitas ekspor 

PT Galtys Jayanti Mandiri merupakan perusahaan pabrik percetakan label sticker dan barcode yang berlokasi di Jalan Bhayangkara 1 no. 35, Paku Jaya, Serpong Utara, Tangerang Selatan yang telah berdiri sejak tahun 2008. Dengan pengalaman lebih dari 12 tahun dalam industri label, Galtys telah bekerja sama dengan ribuan klien baik berskala nasional hingga internasional dan terkemuka.

PT Galtys Jayanti Mandiri menggunakan material bahan label berkualitas ekspor dengan menggunakan teknologi mesin cetak mutakhir yang memberikan hasil cetak label yang tajam dan berkualitas. 

Anda dapat melakukan pemesanan dengan mengunjungi halaman kontak atau menghubungi admin sales Galtys disini >> 0811-8881-260

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *